Kamis, 12 Juni 2014

BANANA CAKE


Alhamdulillah....banana cake ku cantik :) , puas rasanya liat cake cantik seperti ini. Biasanya buat banana cake tampilannya biasa-biasa aja, tapi kali ini dihiasi dengan irisan pisang di atasnya hasil lirik sana-sini. Resepnya dari Allrecipes, tapi sudah banyak yang diubah, mulai dari pisang yang dipakai, karena saya pakai pisang barangan (stok yang ada di dapur). Sedangkan Allrecipes memakai pisang sunpride kalau gak salah di Indonesia pisang yang mirip dengan sunpride itu pisang ambon.
Rasa cake ini agak manis, karena pisang barangan yang saya pakai rasanya juga lumayan manis, jadi kalau kurang suka manis bisa dikurangi ukuran gulanya.


Kalau orang Medan bilang ini pisang barangan, biasanya langsung dimakan.

BAHAN-BAHAN:
3 butir telur
120 gram gula pasir (kalau gak suka manis bisa dikurangi)
270 gram tepung terigu 
3 buah pisang barangan dihaluskan
2-3 buah pisang diris untuk hiasan 
240 gram minyak sayur
1/2 sdt Baking Powder
1 bungkus vanili
 garam sedikit aja

CARA MEMBUATNYA:
Campur dan ayak secara bersamaan terigu, baking powder, vanili, sisihkan. Mixer telur bersama gula sampai kembang, tambahkan garam. Masukkan pisang yg dihaluskan, mixer sampai rata, tambahkan tepung terigu, aduk dengan speed rendah, hati2 jangan sampai over mix kalau ragu lebih baik mencampurnya dengan menggunakan spatula, lalu masukkan minyak sayur aduk sampai tercampur rata. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam loyang loaf yg sudah diolesi minyak goreng tipis. Lalu hiasi diatas adonan irisan pisang. Panggang sampai matang 40-60 menit (sesuaikan dengan oven masing2), tes cake dengan tusuk lidi. Jika tidak ada yang menempel dilidi berarti cake sudah masak. Angkat dan dinginkan.
Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar