Jumat, 22 Agustus 2014

BAKWAN SAYUR


 Siapa yang gak kenal dengan yang namanya bakwan....? Kayaknya pada tau semuanya ya, dan tentunya kebanyakan kita pasti suka makan yang namanya bakwan. Kalau di sore hari biasanya di daerah perumahanku pasti banyak yang menjual gorengan yang satu ini, apalagi dinikmati sewaktu hangat-hangat, wih......sodapnya. 
Banyak cara orang menikmati untuk makan bakwan, ada yang makan dengan dicocol saus sambal atau saus tomat, ada juga yang makan bakwan dengan mengigit cabe rawit agar tambah pedas, ada juga yang makan bakwan sambil ditemani makan lontong. Pokoknya banyak dech cara orang menikmati makan bakwan tergantung selera masing-masing tentunya. Kalau aku untuk sekarang ini menikmati bakwan dengan cabe rawit dan kuah gula merah yang diberi bumbu lainnya. Dan tentunya ditemani dengan teh panas yang sedikit gula.

Untuk bahan-bahannya aku tidak memakai takaran yang pasti, hanya mengandalkan feeling aja. Jadi kalau mau mempraktekkan resep dari aku, ya...tentunya kamu juga harus pakai feeling juga ya, he..he..he...

BAHAN-BAHAN :
buncis, dicuci dan diiris kasar
kol, dicuci dan diiris tipis
wortel, dicuci dan diiris tipis
seledri dan daun bawang dicuci dan diiris
tepung terigu protein sedang
tepung beras
garam dan kaldu ayam bubuk
air
minyak untuk menggoreng

BUMBU HALUS:
cabe merah
bawang merah
bawang putih
2 buah kemiri
udang kecepe
 merica

UNTUK KUAH:
Cabe rawit, bawang putih dihaluskan. Rebus gula merah dengan air sampai larut, tambahkan cabe dan bawang putih yang dihaluskan. Masukkan asam jawa dan garam, cicipi kuah sampai pas rasa yang kita mau. Masak hingga mendidih, dan angkat. 

CARA MEMBUATNYA:
Campur semua bahan menjadi satu di baskom/ wadah kecuali minyak goreng. Adonan jangan terlalu kental ataupun terlalu encer (yang sedang-sedang saja). Cicipi sedikit adonan untuk memastikan rasa sesuai dengan selera yang kita mau. Panaskan minyak goreng yang banyak dikuali, lalu goreng adonan bakwan sampai matang atau berwarna kecoklatan. Kali ini aku memasak bakwan dengan menggunakan cetakan dari sendok gulai atau sendok kuah ( pasangannya sendok untuk menggoreng). Tapi terlebih dahulu sendoknya dipanasi sebentar, tujuannya agar adonan tidak lengket disendok. Jangan mengambil adonan bakwan dengan memasukkan cetakkan langsung ke wadah, akan tetapi...sendok yang sudah dipanasi itu diberi sedikit minyak goreng, lalu masukkan adonan dengan menggunakan sendok makanan ke sendok cetakan bakwan (wuih.....ngomongnya kok ribet gini ya...?) . Lakukan sampai adonan habis. Aku harap para pembaca mengerti apa yang aku maksud, he...he...he..... Bakwan sayur ini lebih nikmat jika disantap selagi panas.
SELAMAT MENCOBA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar