Kamis, 21 Agustus 2014

SUSU KEDELAI


Katanya kalau wanita hamil harus banyak minum susu kedelai biar anaknya lahir bersih dan putih, mmmm.... Allahu a'lam bisshowab, aku kurang tau pasti, yang jelas aku suka aja minum susu kedelai ini. Biasanya suka beli diluar, kalau di pasar kaget dekat rumahku ada yang jual 1 bungkus pelastik ukuran kecil seharga Rp 1000 tapi ya itu dia, susu kedelainya cenderung encer. Lebih nikmat kalau buat sendiri, lebih banyak dan lebih higienis tentunya. Dari anak pertama, aku sudah memulai minum susu kedelai dan itupun aku buat sendiri, dan Alhamdulillah anak pertama kulitnya termasuk putih bersih. Dan anak kedua penyakit malasnya sangat luar biasa, mungkin karena pengaruh kuliah bisa juga (udah emak-emak kok masih kuliah ), dan nyaris tak pernah minum susu kedelai, cenderung hamil yang kedua bawaannya cuek aja. Dan Alhamdulillah 'ala kulli hal anak yang kedua kulitnya cenderung coklat, he..he... :) . Tapi menurut aku sih, itu diakibatkan karena gen, mengapa...? karena kulit papanya dikategorikan gelap (berat rasanya bilang suami sendiri hitam, hehehehe ), jadi menurut aku itu hanyalah pengaruh gen. Hamil anak yang ketiga ini suamiku pesan agar aku harus sering minum susu kedelai, dan tidak boleh durhaka sama suami jadi turuti aja apa maunya suami.

BAHAN-BAHAN:
150 gram kacang kedelai
1500 ml air
1 ruas jahe dicuci bersih dan digeprek
100 gram gula pasir

CARA MEMBUATNYA:
Rendam kacang kedelai semalaman sampai mengembang atau ukuran bentuknya 2 kali lipat. Cuci bersih lalu blender dan tambahkan air, dan saring. Lakukan sampai berulang kali. Masukkan susu kedelai ke dandang, tambahkan gula dan jahe (untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera masing-masing), lalu masak hingga matang atau sampai mendidih aja. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya secara perlahan. Enak dinikmati selagi hangat ataupun dingin.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar