Sabtu, 23 Agustus 2014

PISANG MOLEN

 
Teringat waktu aku kecil kalau nemani mamak belanja ke pajak Simpang Limun di Medan (baca pasar, orang Medan biasanya menyebut pasar itu pajak), pulang-pulangnya pasti gak pernah absen beli pisang molen. Langgananku beli pisang molen itu di depan PUSKESMAS. Tapi sekarang ini kondisi pajak Simpang Limun sangat memprihatinkan, karena keadaannya yang semberaut, jorok dan sumpek. Mudik lebaran tahun 2013 lalu, menyempatkan diri belanja ke sana, tapi tidak ada jejak si tukang jualan molen, karena daerah itu udah disulap jadi pajak ikan (baca jualan ikan). Wuih............bauknya, bukannya aku mau menjelek-jelekkan tapi itulah realitanya.

Pisang molen sekarang sudah banyak yang menjualkannya, kalau di daerah rumahku (di Pekanbaru), jualan pisang molen banyak nengkreng di tempat-tempat sekolah, persimpangan jalan, pokoknya mudah dijumpailah. Beberapa hari ini, kepengen sekali makan pisang molen, ada satu gerobak yang jualan pisang molen dekat SD tak jauh dari rumah, tapi dilihat kok gak jualan, dan ternyata oh ternyata dia memang gak jualan lagi. Huh......ya udah, harus cari akal. Teringat ada resep pisang molen di tabloid SAJI edisi 221.TH.VIII.21 September - 4 Oktober 2011. Alhamdulillah....senengnya dapat resep pisang molen ini, dan langsung dieksekusi :)  . Tapi resepnya sudah aku ubah hampir 100% dikarenakan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah dan Alhamdulillah anak-anak mau membantunya di dapur. Dan hasilnya lumayan enak lho, kalau penasaran, anda bisa mencobanya di rumah.


BAHAN-BAHAN:
350 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt Baking Powder Double Action (BPDA)
40 gr tepung gula
110 gram margarin/ mentega
2 butir telur
50 cc air es
garam sedikit aja
minyak untuk menggoreng

BAHAN ISI:
Pisang jantan dipotong sesuai selera, kalau aku 1 buah pisang jantan dipotong 4 bagian. Bisa juga memakai pisang kepok atau yang lainnya.

CARA MEMBUATNYA:
Campur tepung terigu, BPDA, gula tepung dan garam. Masukkan margarin, aduk sampai berbutir. Tambahkan telur dan air es. Aduk rata sampai bergumpal. Diamkan 5-10 menit dalam lemari es.
Giling di gilingan mi sampai tipis, kalau aku karena tidak memiliki gilingan mi jadi buatnya secara manual alias digiling pakai rolling pin. Lilitkan ke pisang hingga terbalut adonan kulit.
 Goreng di dalam minyak yang dipanaskan diatas api sedang sampai matang.

Tips: Rekatkan ujung adonan dengan air agar tidak terbuka saat digoreng.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar