Kamis, 21 Agustus 2014

SINGKONG GORENG EMPUK


 Hari ini cuaca di Pekanbaru sejuk sekali, duh...senangnya kalau di Pekanbaru suasananya seperti ini terus. Karena seharian di sini hujan dan cuacanya pun jadi dingin, bawaannya mau ngemil jadinya. Tadi sore ada pasar kaget di dekat rumah, biasanya di daerah perumahanku pasar kaget diadakan 2 kali dalam sepekan yaitu hari kamis dan hari ahad, dan hari ini bertepatan dengan hari kamis. Jadi aku tadi belanja untuk stok sampai hari ahad. Banyak yang dibeli dari jenis ikan, sayuran, bawang, cabe, jagung, pisang, singkong dan masih banyak lagi (capek nyebutinya satu persatu, heheheh...). Tadi beli singkong cuma sekilo, nampaknya singkongnya baru dipanen, nampak masih baru.


Habis sholat maghrib suami makan malam, dan habis itu dia minta dibuati cemilan untuknya, jadilah ide buat singkong goreng super duper empuk untuk keluarga tercinta, cemilan sehat, murah, meriah dan yang paling penting gak pakek ribet lho.

BAHAN-BAHAN:
1 kg singkong (ubi kayu)
4 siung bawang putih, dihaluskan
1 sdt garam
air bersih untuk merendam singkong
minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT:
Kupas kulit singkong dan kikis tipis permukaan singkong agar rasa singkong tidak pahit, potong-potong lalu cuci bersih. panaskan air di dandang lalu rebus singkong sampai setengah empuk, angkat dan tiriskan. Masukkan air dari keran di baskom kecil, tambahkan bawang putih halus dan garam, aduk sampai tercampur saja. Lalu rendam singkong rebus tadi, diamkan sampai 5 menit atau sampai singkong mulai merekah. Tiriskan singkong yang diremdam tadi. Panaskan minyak goreng di kuali, lalu goreng singkong sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Singkong goreng empuk buatan mama athifa siap dinikmati. Lebih enak dinikmati selagi hangat, dan ditambahi cocolan saus sambal, tergantung selera masing-masing. 
SELAMAT MENCOBA.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar