Rabu, 26 Februari 2014

BANANA BREAD





Bissmillah...
Pertama kali makan Banana Bread sewaktu suami bawa oleh2 dari Kota Batam, yg mana Kota Batam sangat terkenal dengan Banana Cake dan jadi ciri khas untuk oleh2 dari Kota Batam. Tampilannya unik, mirip roti tawar tapi dari pisang, dan waktu melahap satu gigitan baru terasa ini memang roti yg bahan dasarnya dari pisang. Rasa penasaran timbul dan segera mencari2 resep di google, banyak resep yg ada di internet tp saya kurang puas kalau tidak melihat bagaimana cara membuatnya, dan akhirnya singgah juga ke youtube. Di youtube juga banyak resep dan cara buat Banana Bread, tp saya menjatuhkan pilihan di sini, karena agak simple buatnya.


BAHAN-BAHAN:
6 buah pisang barangan yang sudah masak (pisang makan)
270 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
110 gram margarin (saya pakai blue band) 
225 gram gula pasir
1 sdt soda kue
35 gram kismis (bisa diganti dengan  chocolate chips )
2 butir telur utuh
1 buah pisang diiris tipis untuk hiasan toping


(Gambar: saya menyebutnya pisang barangan/pisang makan)
CARA MEMBUATNYA:
Oles loyang dengan margarin, sisihkan. Haluskan pisang dengan menggunakan garpu, sisihkan. Resep asli menggunakan pisang sunpride, tapi saya pakai pisang barangan karena hanya itu yg ada di rumah, dan pilihlah pisang yg sudah bener2 masak atau kulitnya yg sudah mulai menghitam. Masukkan ke wadah tepung terigu dan soda kue, kalau bisa bahan tepung diayak biar lebih bersih, sisihkan. Masukkan ke wadah yang berbeda margarin dan gula pasir kocok dengan menggunakan mixer sampai rata. Tambahkan telur, aduk rata, masukkan pisang aduk rata. Masukkan bahan tepung, soda kue yg sudah diayak tadi dan kismis, aduk dengan menggunakan sendok kayu atau spatula, aduk perlahan saja agar nanti hasilnya tidak bantat. Maukkan ke loyang dan ratakan, beri irisan pisang untuk toping. Panggang dengan api sedang selama 60 menit sampai matang. Kalau masak memakai oven tradisional seperti hock (seperti saya pakai) memanggangnya lebih lama lagi, sekitar 70 menit. Tes Banana Bread dengan menusukkan lidi ke dalam adonan, jika tidak ada sesuatu yg lengket berarti roti sudah masak. Segera keluarkan dari loyang, dan potong2 ketika dingin. Selamat menikmati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar