Sabtu, 08 Februari 2014

PUDING BUSA SAUS COKLAT


Baru keluar dari kulkas, eh...langsung diserbu dan separo habis dilahap sama anak2, alhamdulillah mereka suka, karena teksturnya yg lembut seperti busa (namanya juga puding busa, he..he.. ^_^ ). Masaknya mudah kok, cocok sekali untuk kudapan di rumah ketimbang jajan di luar, mending buat sendiri, lebih higienis, murah, meriah dan menambah keterampilan ibu dalam menyajikan makanan untuk keluarga.
BAHAN PUDING:
1 bungkus agar2 putih 
250 ml air
200 ml susu cair tawar
60 gr gula pasir
4 sdm jeruk lemon/ jeruk nipis
1/2 sdt pasta vanila
2 butir putih telur
sedikit garam halus

BAHAN SAUS COKLAT:
1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
150 gr gula pasir
150 ml susu cair
1O0 ml air
20 gr coklat bubuk (kalau gak suka pahit sebaiknya kurangi)
1 kuning telur dikocok

CARA MEMBUAT:
 UNTUK PUDING
Tuang air ke dalam panci, masukkan bubuk agar2, garam, gula pasir, masak hingga mendidih. Setelah mendidih tambahkan susu cair, air jeruk lemon, pasta vanila, masak kembali hingga mendidih, sisihkan. Kocok putih telur hingga kaku dan mengembang. Lalu tuang adonan agar2 sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Masukkan ke dalam cetakan puding (sebelumnya basahi dahulu cetakan dengan air masak agar mudah sewaktu mengeluarkan puding). Dinginkan di kulkas sampai mengeras.

UNTUK SAUS COKLAT:
Masak susu cair, air, gula, coklat bubuk, larutan maizena hingga mendidih, dengan api kecil dan diaduk2 terus jangan sampai menggumpal. Setelah mendidih, matikan api lalu masukkan kuning telur dan diaduk sampai rata. Dinginkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar