Rabu, 19 Februari 2014

KUE LUMPUR PANDAN KISMIS


Kue lumpur merupakan salah satu jajanan pasar tradisional Indonesia yg banyak dijumpai ditempat2 penjual kue pada umumnya dan banyak juga dijumpai di acara2 arisan dan acara2 lainnya. Kali ini saya buat kue lumpur pandan kismis. Tekstur kue lumpur yg lembut membuat kita tidak cukup utk menikmati hanya satu gigitan saja karna akan kurang, ya ialah... masalahnya ukurannya sangat kecil.^_^ .


Untuk rasanya yg manis, anak2 pasti suka, dan cara buatnya juga gak susah kok, yg penting ada kemauan utk buat sendiri di rumah. Hanya saja kita harus menggunakan api kecil, agar bagian bawah kue tidak cepat gosong. Resep dari tabloid saji, dan sudah saya modifikasi dengan selera sendiri.

BAHAN-BAHAN:
100 gr kentang, kupas kulit, dikukus dan dihaluskan
 125 gr tepung terigu protein sedang
sedikit garam (ambil seujung jari)
kismis untuk bahan toping 
 pasta pandan secukupnya 
 sedikit essens vanili
  200 ml susu cair
120 gr gula pasir
35 gr margarin
 3 butir telur
135 ml air

CARA MEMBUATNYA:
Masak air dan margarin sampai mendidih, lalu kecilkan api kompor. Masukkan terigu aduk hingga kalis, matikan apinya. Tambahkan gula pasir, garam, vanili aduk rata. Tambahkan kentang aduk rata, sisihkan. Kocok telur dengan menggunakan mixer, tambahkan susu cair sampai rata. Masukkan adonan kue ke cetakan kue lumpur, lalu nyalakan api yg kecil dan tutup hingga setengah matang. Tambahkan kismis (toping) lalu tutup lagi dan masak hingga matang. Jangan lupa untuk mengolesi cetakan dengan minyak atau margarin agar sewaktu kue masak tidak lengket dicetakan .Angkat dan tata di piring saji. Resep kue menghasilkan 33 kue lumpur pandan kismis dengan ukuran cetakan yg kecil. Selamat menikmati.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar