Selasa, 25 Februari 2014

PUDING CEPLOK TELUR

Tampilannya mirip sekali dengan telur mata sapi, tapi.......eits...ini adalah puding ceplok, yg bahannya tidak ada sama sekali berkaitan dengan telur, hanya saja tampilannya mirip dengan telur mata sapi. Puding yg satu ini sudah lama diperbincangkan di dumay (dunia maya) dan sangat fenomenal, tp saya baru kali ini membuatnya (biarlah telat ketimbang sama sekali tidak buat ^_^). Anak2 suka sekali karena bentuknya yg lucu dan rasanya yg unik, perpaduan antara nutrijel dan agar2 bubuk biasa.

Resep dan cara buatnya saya lirik di google, sangkin banyaknya resep yg saya lirik jadi tidak tau sumber aslinya (maaf ya...)

BAHAN-BAHAN:
(Bahan Kuning)
4 bks nutrisari rasa mangga
1 bks nutrijel rasa mangga
800 ml air
 
(Bahan Putih)
700 ml air (hasilnya agak keras lebih baik ditambah sedikit)
3 sendok makan gula pasir (sesuaikan dengan selera sendiri)
1 bks agar2 bubuk swallow plain (gak berwarna)
2 bks SKM (susu kental manis)
garam sedikit

CARA MEMBUATNYA:
Masak semua bahan kuning sampai mendidih (masaknya seperti biasa memasak agar2). Masukkan kedalam cetakan cucing plastik (cetakan ubi talam) atau cetakan lain yg bisa membentuk seperti kuning telur. Diamkan sampai dingin dan mengeras. Keluarkan puding kuning kecetakan mika persegi secara terbalik (lebih cantik lagi menggunakan mika bulat agar lebih tampak seperti telur mata sapi). Kemudian masak bahan putih sampai mendidih, matikan api kompor dan aduk2 terus agar uap panasnya berkurang. Masukkan puding putih kedalam cetakan mika yg sudah berisi puding kuning secara perlahan, diamkan sampai dingin dan mengeras, masukkan kedalam kulkas. Lebih nikmat disajikan dingin. Selamat mencoba.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar