Jumat, 07 Februari 2014

CINNAMON ROLL BREAD



Bahan-Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar)
50 gr gula pasir
5 gr ragi instan
2 butir kuning telur
50 gr margarin
75 ml air (kalau kurang bisa ditambah sedikit)
1 sdm susu bubuk ( saya pakai dancow)
1/2 sdt garam halus


BAHAN ISI:
50 gr kismis
50 gr kacang mede (saya pakai kacang tanah kupas yg digongseng dan ditumbuk kasar)
1 sdm bubuk kayu manis ( saya pakai 1 sachet bubuk kayu manis instan)
2 sdm gula pasir

BAHAN OLESAN:
1 butir kuning telur, 2 sdm susu cair (saya pakai air + 1 sdt madu) dikocok lepas.

CARA MEMBUATNYA:
Masukkan ke wadah terigu, susu bubuk, ragi instan, gula pasir, garam, campur hingga menyatu. Buat lubang ditengahnya, masukkan kuning telur, aduk2 dan beri air sedikit demi sedikit sampai tercampur rata, tambahkan margarin, aduk sampai kalis. Setelah kalis, bentuk bulat adonan, tutup dan diamkan lebih kurang 60 menit atau sampai adonan mengembang 2 x lipat. Selama menunggu adonan mengembang, kita siapkan bahan untuk isian. Masukkan cincangan kacang, kismis, gula pasir, bubuk kayu manis aduk sampai rata dan sisihkan.

BUAT ADONAN KULIT:
Ambil adonan yg sudah mengembang tadi, tekan2 agar gasnya keluar, lalu tipiskan atau giling adonan berbentuk bulat melebar dengan ketebalan 1 cm dan masukkan bahan isi, lalu tutup membentuk gulungan panjang (bentuknya lebih kurang seperti bolu gulung), lau potong2. Masukkan kedalam loyang dengan posisi isian menghadap ke atas (jangan lupa loyangnya diolesi margarin tipis) tata dengan rapi, lalu beri olesan di atas adonan. Panggang adonan lebih kurang 20 menit (kalau saya karna masih pakai oven tradisional jadi agak lama). Masak hingga matang, tunggu dingin dan sajikan.

Resep dan caranya saya lihat di sini, aroma CINNAMON ROLL BREAD sangat harum karena keluar dari aroma kayu manis sebagai bahan isi, untuk pemanggangan di oven tradisional seperti hock harus lebih kreatif lagi dalam pemanggangan, karna kita yg harus tau kemampuan oven kita sendiri. Untuk isian bisa disesuaikan dengan selera masing2, resep aslinya diberi tambahan ceri merah dan hijau, kalau saya hanya memakai kismis dan kacang tanah karna menyesuaikan bahan yg tersedia di DAPUR MAMA ATHIFAH. Lebih enak kalau ditemani teh manis panas.
Silahkan mencoba, mudah2an berhasil, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar