Kamis, 27 Februari 2014

MIE BAYAM MERAH

Ternyata buat mie sehat di rumah tidak susah-susah amat, apalagi kalau kita punya alatnya (ampia). Walaupun saya belum punya alatnya tapi itu bukan menjadi alasan kalau saya tidak mau mencobanya untuk membuatnya di rumah sendiri. Harus pakai akal gimana caranya agar terbentuk seperti mie, he..he..  Alhasil saya mengakalinya dengan cara mengiris2 adonan secara manual dan penuh dengan perjuangan, saya sarankan bagi yg kurang sabar untuk memakai ampia karena kalau dengan cara manual terlalu ribet dan lama. Saya bukannya orang penyabar (padahal cita2nya jadi orang penyabar) tapi karena ingin menaklukkan si mie agar terbentuk makanya saya berusaha untuk sabar. Kali ini saya memasak mie sehat hasil jerih payah saya untuk membuatnya menjadi mie goreng yg dicampur dengan ayam, sayur sawi hijau dan bumbu2 lainnya. Dan tak lupa si kriuk2nya alias kerupuknya dari kerupuk bayam hasil buatan sendiri. Okeh, untuk tidak memperpanjang basa-basi, mari lihat resep mie sehat saya yg serba sederhana.

BAHAN-BAHAN:
250 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
150 ml air 
bayam merah secukupnya
1/2 sdt garam
2 sdm minyak goreng

CARA MEMBUATNYA:
Bersihkan bayam merah, cukup dengan membuang akarnya saja lalu cuci bersih, potong kecil lalu rebus dengan air sampai mendidih atau warna merahnya keluar, matikan kompor, biarkan dingin dan saring, sisihkan. Ayak tepung agar lebih bersih, masukkan ke wadah lalu tambahkan garam, dan  air merah dari bayam merah sedikit demi sedikit (kira2 saja airnya jangan sampai adonannya terlalu lembek atau terlalu keras), minyak goreng, aduk sampai adonan kalis. Taburi tepung ke tempat kerja untuk membentuk mie agar tidak lengket. Pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin (kalau tidak ada bisa menggantinya dengan botol sirup atau sejenisnya) sampai tipis lalu taburi lagi tepung ke adonan dan lipat adonan jadi kecil dan potong tipis, lakukan sampai adonan habis. Setelah itu buka lipatan adonan yg sudah diiris2 tadi dan akan terbentuk menjadi mie, taburi lagi dengan tepung agar satu dengan yg lainnya tidak lengket, sisihkan. Rebus air, 1/2 sdm garam, 2 sdm minyak goreng (saya pakai minyak zaitun) sampai mendidih. Lalu masukkan mie bayam merah, masak sampai mie terapung, angkat dan tiriskan.


(Gambar mie yg sudah direbus)

Walaupun bentuknya belum cantik tapi rasanya enak kok, mirip dengan mie tarik, kenyal2 ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar