Senin, 31 Maret 2014

BOLU SARANG SEMUT

Bismillahirrohmaanirrohiim.......
Nama makanan ini bolu sarang semut, he..he... lucu ya, padahal semutnya kan gak ada ^_^ . Tapi ada juga yg nyebutnya caramel cake, kalo anak saya bilangnya bika ambon coklat, hi..hi..., ada2 aja ya. 
Memang kalo dilihat sepintas bentuknya kayak bika ambon juga sih.., dan adonannya pun tidak seperti adonan bolu lainnya dan cenderung cair. Kesuksesan membuat bolu sarang semut dapat dilihat dari teksturnya yg berongga/ berlobang2. Pertama sekali buat bolu sarang semut nyontek resep di tabloid masakan, tp hasilnya gak bagus karena sarangnya gak keluar, mungkin resepnya waktu itu saya pakai baking powder (mengikuti saran resep) dan sekarang saya gak pakai baking powder (ini hanya kemungkinan saya aja ya...). Dan resep saya ini menggunakan resep yg ekonomis, mengingat kami masih keluarga kecil jadi kalau buat makanan harus ukuran yg kecil/ ekonomis agar tidak mubazir. Dan gunakanlah cetakan yg kecil yg biasa untuk 3 telur, terserah bentuknya seperti apa, saya pakai cetakan tulban yg kecil, kalo cetakan brownies bisa jg kok.
 
BAHAN-BAHAN:
( Untuk Karamel )

200 gr gula pasir
200 ml air panas

3 butir telur
70 gr tepung terigu protein sedang
100 ml susu kental manis putih
70 gr minyak goreng
1/2 sdm soda kue

CARA MEMBUATNYA:
Masak gula di wajan hingga kecoklatan dengan api kecil sampai larut merata, matikan api lalu tambahkan air panas sampai gula karamel larut, sisihkan.
Panaskan oven, siapkan loyang dan olesi dengan minyak tipis dan merata, sisihkan (ini cara saya, kamu bisa mengolesinya dengan mentega atau dengan cara biasa kamu pakai).
Kocok telur dengan mixer dengan kecepatan rendah sampai berbusa aja, bisa jg dengan menggunakan whisk. Tambahkan terigu, karamel, susu kental manis, minyak goreng, aduk rata (semua bahan saya mixer, biar cepat, maklumlah lg rada2 malas, he..he..), dan yg terakhir masukkan soda kue aduk rata. Saring adonan (tujuannya biar lebih bersih aja, mana tau ada gumpalan tepung yg tidak larut, kalo gak disaring juga gak apa2), lalu tuang ke loyang dan panggang di oven hingga matang kira-kira 20-25 menit (sesuaikan dengan oven masing2, karena saya masih pakai oven hock/tradisional). Test bolu dengan menusukkan lidi ke adonan, jika tidak ada yg lengket di lidi, berarti bolu sudah masak. Keluarkan dr loyang, lalu dinginkan dan potong-potong.

SELAMAT MENCOBA ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar