Rabu, 26 Maret 2014

SELAI NENAS



Pengen buat selai nenas sendiri tp hanya punya resep yg biasa utk buat isian nastar. Padahal pengennya buat selai nenas utk isian roti tawar atau utk bolu gulung. Mampir ke blog mbak Kamelia Marfuah ada resep selai nenas yg pas dihati, resepnya aku gabungkan antara  pakai tepung maizena dan yang memakai agar-agar bubuk. Alhamdulillah hasilnya mirip2 dengan selai nanas yg dijual dipasaran, gak kecewa dech, Jazakillahukhoir ya ukh Kamelia Marfuah .

Bahan2 yg digunakan cukup sederhana, dan cara mengerjakannya jg sangat mudah, yuk buat selai nenas di rumah....






BAHAN-BAHAN:
  • 1 buah nanas, kupas, buang matanya. (saya pakai 2buah nenas ukuran kecil)
  • 200 gr gula pasir (saya pakai 150 gram)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan (saya tidak pakai)
  • 1 batang kayu manis
  • 1 sdt tepung maizena, cairkan sengan 2 sdm air (saya pakai 2 sdt)
  • 150 ml air matang
  • 1 sdm nutrijel  bubuk

Cara :
  1. Potong-potong kecil buah nanas
  2. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air, proses sampai halus
  3. Masukkan blenderan nanas tadi ke dalam panci atau wajan ( bukan dari bahan aluminium ).
  4. Tambahkan daun pandan, kayu manis, gula dan garam.
  5. Masak sampai setengah mengering.
  6. Masukkan larutan maizena, dan nutrijel bubuk, masak hingga sangat kental ( seperti selai biasanya ).
  7. Dinginkan, simpan dalam stoples kaca.
  8. Simpan dalam kulkas, bisa saja di simpan di suhu ruang, tapi umurnya ga akan lebih lama dari yang disimpan dalam kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar