Rabu, 15 Januari 2014

BIKA AMBON


Makanan ini bernama Bika Ambon, tp khas Kota Medan, kok bisa ya...? Hmmmm... Allohu a'lam, saya tidak tau pasti tentang sejarah makanan yang satu ini, yg jelas enaaaaaaaaak banget (menurut saya), sebenarnya saya bukan ahli dalam masalah masak-memasak dan ini pertama kalinya saya buat Bika Ambon, dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Lihatlah pori2nya yg terbentuk menandakan ciri khas dari Bika Ambon. Walaupun tampilannya tidak secantik Bika Ambon asli dari kota Medan yg merupakan kota kelahiranku, makanya aku harus banyak berlatih lebih giat lagi (kalo lg semangat, he..he.. ^_^ ). Baiklah utk tidak memperpanjang mukadimah, yuuuukk, kita cekidot resep dan cara masaknya......

Bahan Biang :
60 ml air hangat
1 sdm tepung terigu
1 sdm gula pasir
11 gr ragi instan

Bahan-bahan:
150 gram tepung kanji
10 butir kuning telur
1/2 sdt garam halus
250 gram gula pasir
300 ml rebusan santan dicampur dengan daun jeruk, daun pandan, serai.


Cara Buat:
Adonan Biang: campurkan air,gula pasir, terigu dan ragi instan, aduk rata dengan menggunakan spatula. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang (berbusa), sisihkan.

Masukkan telur, gula pasir, garam halus,kocok dengan mixer hingga lembut. Setelah lembut, perlambat mixer, masukkan kanji dan santan bergantian, lalu aduk sampai rata.

Campurkan adonan biang kedalam adonan bika ambon, aduk rata dengan menggunakan sendok. Diamkan selama 2 jam atau sampai permukaan adonan berbusa.
Setelah 2 jam, aduk adonan sampai busa menghilang lalu tuang kedalam loyang.
Panggang di dalam oven selama 40 menit atau sampai masak, angkat dan dinginkan.

Selamat mencoba semoga berhasil ^_^

Resep asli diambil di: 
 https://www.youtube.com/watch?v=kbucsnvtmos