Kamis, 23 Januari 2014

ROTI JALA RIAU

Di Riau, roti jala sering dijumpai di acara2 resmi seperti pernikahan, acara kantoran, dan juga waktu spesial hari raya Idhul Fitri maupun Idhul Adha. Kali ini saya masak roti jala dengan ditemani si kuah durian, kebetulan semalam si husband beli durian di Bangkinang salah satu Kabupaten di Riau.


Pembuatannya gampang kok buk...rahasianya hanya sewaktu kita mencetak adonannya, alias sewaktu kita buat jaring di teflon, oya saya pake teflon maxim ukuran kecil karna peralatannya hanya itu. Dan satu lagi ni rahasianya, saya pake cetakan roti jala ala kadarnya aja, memanfaatkan barang yg ada dan memanfaatkan si barang bekas, "Istri yg bijak adalah istri yg mampu memanfaatkan barang yg ada" ^_^ bener gak ya .... Ok ibuk2 mari kita liat sama2 cetakan roti jala dari Dapur Mama Athifah!!


Nah...bener kan ibuk2, saya memanfaatkan barang yg ada dan memanfaatkan si barang bekas, tapi jangan lupa ya, tutup botolnya dilubangi dengan menggunakan paku panas, tapi ingat!!! lubangnya jangan besar, kecil aja, seperti ini ni contohnya.


RESEP ROTI JALA

Bahan-Bahan:
200 gr tepung terigu
150 ml santan kental
150 ml air
100 ml susu segar
2 butir telur
1/2 sdt garam
 2 sdm minyak makan
essens vanili
dan
minyak makan untuk olesan pada wajan

Bahan Kuah Durian:
 (ukuran sesuai selera aja ya..)
daging durian
santan encer
daun pandan
garam 
gula merah
gula putih


Cara:
 Semua bahan dicampur rata, lalu saring. Kalau saya karna ingin simpel, semua bahan saya blender dan saring. Lalu masukkan adonan ke botol air mineral. 
Panaskan wajan anti lengket dan olesi minyak makan sedikit saja agar adonan tidak lengket. Lalu cetak adonan dengan cara menyemprotkannya ke wajan dan bentuk sesuai selera. Bisa lihat contohnya di bawah ini.

Setelah masak, lipat di atas wajan bisa berbentuk segitiga...,



 
atau digulung biasa.

Untuk Kuah, masak semua bahan sampai mendidih.

Sajikan Roti Jala dengan kuah durian. Selamat mencoba dan semoga berhasil ^_^