Jumat, 31 Januari 2014

ROTI KEPANG MANIS



Ini pertama kalinya saya buat roti, alhamdulillah sangat memuaskan. Ternyata buat roti gak susah2 amat ya, walaupun kata suami tampilannya belum cantik, yg penting rasanya lumayan kok. Kata si sulung "enak ya ma.." ^_^ salah satu langganan setia saya dirumah, he..he.. Oya bunda2 maupun para pembaca setia di blog saya, resep dan caranya ini asli saya lihat di youtube di sini. Tapi saya akan tetap menulis resep yg saya buat.

BAHAN-BAHAN:
500 gr tepung terigu
70 gr gula pasir
27 gr susu bubuk
1 bks ragi instan 
1 sdt garam
2 butir telur
100 gr margarin
190 ml air

BAHAN TABURAN:
1 butir telur untuk olesan
keju yang sudah diparut
gula pasir

CARA MEMBUATNYA:
Masukkan ke wadah tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, garam, aduk sampai tercampur rata. Lalu masukkan telur, margarin, air (kasinya sedikit2 dulu ya, jangan sampai lembek dan agar takarannya pas) uleni sampai kalis. Diamkan adonan lebih kurang 15 menit atau sampai kembang 2 X lipat. Setelah itu bentuk adonan seperti mengepang, lakukan sampai adonan habis dan diamkan sejenak sampai adonan mengembang. Lalu oles adonan dengan 1 butir telur yg sudah dikocok, taburi di atasnya keju parut dan gula pasir. Panggang di oven sampai kecoklatan atau sampai matang.


Gambar awal mencetak roti untuk membentuk kepang. Jangan lupa nguleninya kasi tepung dikit agar tidak lengket, saya nguleninya pakai nampan kaleng yg masih jadul.

Gambar adonan roti yg sudah siap dikepangi

Gambar adonan roti setelah siap dibentuk, didiamkan sejenak agar mengembang sebelum diolesi telur dan diberi taburan keju dan gula pasir.


Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan takut gagal ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar